Translate

Tuesday 23 August 2016

KEHAMILAN 8 BULAN JANGAN KHAWATIR

Usia kehamilan 8 bulan merupakan masa-masa paling mendebarkan khususnya bagi calon ibu yang baru pertama kali akan mendapatkan buah hati. Pada usia kehamilan 8 bulan, janin yang ada di kandungan telah berkembang hampir sempurna dan hanya perlu menunggu sebentar lagi untuk dilahirkan ke dunia. Meskipun pada usia 8 bulan kehamilan resiko pembentukan calon bayi yang tidak sehat sudah jauh berkurang, bukan berarti kita tidak lagi memperhatikan setiap detil perkembangannya dengan maksimal. Justru ketika terjadi sesuatu yang salah pada usia kehamilan tersebut, keselamatan ibu juga lebih beresiko ikut mengalami masalah. Berikut merupakan hal-hal yang perlu diwaspadai pada kehamilan usia 8 bulan.
1.      Tetap menjaga pola makanan yang baik dan bergizi bermanfaat untuk menambah kesiapan janin yang telah beranjak berkembang sempurna agar perkembangannya tetap maksimal. Pola makanan sehat juga memberi pengaruh kuat pada pertumbuhan otak dan berimbas pada kecerdasannya. Apa yang ia serap adalah apa yang ia makan melalui ibunya. Apabila memberinya yang terbaik untuk ia serap adalah harapan terbesar Anda, lakukanlah dengan memakan makanan yang bergizi tinggi. Tambahan suplemen juga disarankan oleh para ahli untuk dikonsumsi ibu dengan usia kehamilan 8 bulan.
2.      Berbeda dengan masa kehamilan 6 bulan dimana janin sedang dalam masa-masa paling aktif, di usia 8 bulan ini ia akan menjadi lebih tenang. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh bertambahnya berat tubuh si janin sehingga ia akan lebih nyaman jika tak banyak bergerak karena semakin sempit pula ruang gerak yang ia miliki. Ibu akan merasakan perbedaan aktifitas di dalam perutnya di banding ketika usia kehamilannya memasuki 6 bulan, akan tetapi harus tetap diperhatikan bahwa ada aktifitas dari si janin meskipun sedikit untuk memastikan ia baik-baik saja.
3.      Perlu diperhatikan juga bahwa pada usia 8 bulan kehamilan, janin menyempurnakan pembentukan organ indera penglihatan beserta fungsinya. Bagian-bagian mata telah mulai terbentuk sempurna bahkan telah dapat berkedip. Ibu dapat merasakan apakah bayinya sedang bangun atau tidur.
4.      Tidak perlu panik ketika ibu mengalami banyak kontraksi pada usia kehamilan ini. Pasalnya, ketika terjadi kontraksi, ibu menafsirkannya sebagai indikasi telah terjadi sesuatu yang buruk. Padahal, kontraksi memang normal terjadi karena hal tersebut merupakan olahraga atau latihan alami yang dialami rahim ibu demi menyambut proses melahirkan yang semakin dekat. Yang perlu diperhatikan dari fenomena ini adalah ibu akan sering merasa akan melahirkan. Seringlah berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan Anda dan pastikan perkembangan janin Anda tidak memiliki masalah.
5.      Sebagai penunjang agar dapat melahirkan dengan lebih mudah dan cepat, mengikuti senam kehamilan juga sangat dianjurkan. Memperbanyak berjalan-jalan juga dapat membantu mempersiapkan fisik ibu menjelang kelahiran si buah hati saat 8 Bulan kehamilan.
6.    Pada usia kehamilan masuk 8 bulan kurangi mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan es atau makanan yang didinginkan dikulkas karena itu nanti akan mempengaruhi BB calon buah hati kita. Tetapi kalau pada waktu kita periksa di bidan atau dokter BB calon buah hati kita masih kurang maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang manis-manis.


No comments:

Glitter Words

Pesan Buat Ku

Name :
Web URL :
Message :

sahabatq

Glitter Photos
[Glitterfy.com - *Glitter Photos*]
Persahabatan itu ibaratkan satu janji yang dibuat dalam hati,tak dapat ditulis begitupun juga tak dapat di baca,namun tak kan terpisahkan oleh jarak dan tak kan berubah oleh masa,seditik dimata dan untuk selamanya berada dalam jiwa

Bunga melambangkan Ungakapan Hati pada Seseorang