Selasa, 21 Juli 2009

Ketika kita harus memilih diantara dua pilihan

.
Sangat sulit untuk memilih diantara dua pilihan , dimana kedua orang itu sama-sama baik pada kita. Rasa takut salah memilih juga akan menghantui. Rasa akan kecewa, menyesal dengan keputusan yang telah diambil dan sebagainya akan menyelimuti pikiran kita. Dari masalah itu sebenernya ada jalan keluar yang bisa membantu kita untuk mengambil keputusan , insyaAllah kita tidak akan salah memilih karena Allah akan membantu kita untuk mengambil keputusan mana yang akan kita pilih. Dengan kita melakukan Sholat istikharah
Sholat istiharah adalah sholat sunnat yang dilakukan untuk memohon pertologan Allah dalam menentukan suatu keputusan. Sholat istikharah sangat dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad saw jika kita menghadapi dilema dalam mengambil keputusan. Dengan sholat istikharah, diharapkan keputusan yang kita ambil mendapat ridho dari Allah SWT.
Dimana Sholat istikarah dapat dilakukan setiap saat, tanpa ada batasan waktu. Sholat istikharah dikejakan sebanyak 2 rakaat, dengan cara seperti kita melakukan sholat-sunnah yang lain. Namun pada sholat istikharah, setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama dianjurkan untuk membaca surat Al kaafiruun. Sedang pada rakaat kedua sholat istikharah, setelah membaca Al Fatihah dianjurkan untuk membaca surat Al Ikhlas.
Setelah selesai melakukan sholat istikharah, dilanjutkan dengan membaca sholawat kepada Rasulullah Muhammad saw. Setelah itu, berdoa dengan doa berikut ini :
اللَّهُمَّ إِنيِّ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ اْلعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ, وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ, وَأَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ. اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمِّي حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِي فيِ دِيْنيِ وَمَعَاشيِ وَعَاقِبَةِ أَمْرِي، عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ ليِ وَيَسِّرْهُ ليِ، ثُمَّ بَارِكْ ليِ فِيْهِ. وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ ليِ فيِ دِيْنيِ وَمَعَاشيِ وَعَاقِبَةِ أَمْرِي، عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنيِّ وَاصْرِفْنيِ عَنْهُ، وَاقْدُرْ لِيَ اْلخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنيِ بِهِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepa-da-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha-agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kua-sa. Engkau mengetahui sedang aku tidak mengetahui dan Eng-kau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (di sini, orang yang mem-punyai hajat hendaknya menyebutkan persoalannya) adalah baik untuk agamaku, kehidupanku, dan akibatnya terhadap diriku, di dunia atau akhirat, maka taqdirkanlah untukku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini berbahaya bagiku dalam agama, kehidupanku dan akibatnya terhadap diriku, maka jauhkanlah persoalan tersebut dariku dan jauhkanlah aku darinya, taqdirkan kebaikan untukku di mana pun ia berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku" (HR. al-Bukhari)
Apabila kita sudah melakukan sholat istikhoroh satu kali tetapi kita masih tidak yakin dan masih merasakan keraguan mengambil keputusan kita diperbolehkan melakukan sholat istikhoroh berulang-ulang sampai kita merasa yakin dan merasakan kemantapan dengan keputusan yang kita ambil.
Jika kita pada waktu akan melakukan sholat istikhoroh kita mengalami halangan (haid) bagi kaum wanita maka tunggulah sampai kita halangan itu selesai. Apabila jika kita tidak bisa menunggu sampai halangan itu selesai maka kita di ijinkan untuk melakukan istikhoroh dengan hanya membaca doa saja tidak dengan melakukan sholat.
Saat kita membaca doa dalam istikhoroh dianjurkan hanya membaca doa istikhoroh saja jangan ditambahkan ataupun jangan pula dikurangi.
Kita juga dianjurkan untuk meminta pendapat orang-orang yang bijak dan sholeh untuk menggabungkan istikhoroh kita dalam mengambil keputusan juga pilihan.
Semoga keputusan yang kita ambil akan mendapatkan restu dan safa’at dari Allah swt. Yang menghindarkan kita dari kekecewaan dan juga penyesalan. Amin…….. !

Tidak ada komentar:

Pesan Buat Ku

Name :
Web URL :
Message :

sahabatq

Glitter Photos
[Glitterfy.com - *Glitter Photos*]
Persahabatan itu ibaratkan satu janji yang dibuat dalam hati,tak dapat ditulis begitupun juga tak dapat di baca,namun tak kan terpisahkan oleh jarak dan tak kan berubah oleh masa,seditik dimata dan untuk selamanya berada dalam jiwa

Bunga melambangkan Ungakapan Hati pada Seseorang

Ada Hitam dan ada juga Putih apakah arti dari semua itu? Glitter Photos
[Glitterfy.com - *Glitter Photos*]